Selasa, 18 Agustus 2009

MITOS2 MAKANAN YANG DIPANTANG UNTUK IBU MENYUSUI

Masyarakat Indonesia sebagian besar masih ada yang percaya dengan mitos-mitos atau pantangan-pantangan dalam makanan. Terutama makanan2 untuk ibu hamil dan menyusui. Orangtua kita zaman dulu sangat kuat mengajarkan hal tersebut plus resiko-resikonya. Bila tidak dituruti mitos tersebut bikin kita jadi tidak enak hati padahal kita ingin sekali memakannya. Satu sisi bila kita pikir secara logika “ tidak ada hubungannya kok “ !

Di bawah ini saya akan menguraikan beberapa mitos yang sudah begitu tren di masyarakat kita untuk ibu menyusui. Ada sedikit ulasannya secara logika kita, bisa diterima…..????

MAKANAN PEDAS
Sudah jadi kebiasaan sebagian penduduk Indonesia klo makan tanpa sambel tidak nikmat rasanya, betul kan !!! apalagi kaum perempuan pecinta pedaaassss…sengsara rasanya pada saat sedang hamil atau menyusui tidak boleh merasakannya. Orangtua bilang DILARANG nanti perutnya berasa panas dan air susunya pun agak2 pedas rasanya trus mencret deh bayinya. Betulkah ???

SEBENARNYA : makanan yang masuk kedalam perut sang ibu pasti mengalami proses dahulu, yang mengandung sari makanan yang berguna dan yang jadi sampah pasti terpisah. Ketika makanan tersebut diproses menjadiASI, zat-zat yang terkandung di dalamnya memang sudah siap pakai alias pas untuk diberikan.
Jadi sebaiknya memang makanan yang di makan tidak terlalu banyak mengandung rasa tersebut karena dikhawatirkan bila rasa pedas terlalu banyak akan menyebabkan sang ibu diare yang berakibat jadi dehidrasi dan mengganggu proses menyusui pada sang anak.

MAKAN IKAN
Banyak mengkonsumsi ikan bisa membuat rasa ASI jadi bau amis atau anyir.
SEBENARNYA : kandungan zat gizi yang terkandung dalam ikan dan sari laut itu banyak mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi tubuh, misalkan untuk mengontrol kadar kolesterol darah, mencegah jantung koroner, penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Pastikan ikan atau sari laut yang akan kita konsumsi masih dalam keadaan segar, sebab bila kurang segar akan memicu reaksi alergi. Bila anda penggemar ikan mentah masakan jepang sebaiknya tidak mengkonsumsi dalam jumlah banyak dikhawatirkan daging tersebut masih mengandung bakteri parasit yang akan membahayakan.

MINUMAN DINGIN / ES
Mitos bila minum air es atau minuman dingin lainnya, bisa membuat ASI jadi dingin dan mengakibatkan bayi jadi pilek.
SEBENARNYA : makanan yang masuk ke dalam tubuh apalagi ASI mengalami proses yang sempurna. ASI yang tersimpan dalam payudara sang ibu tetap hangat dengan suhu 37 derajat celcius.

Sebaiknya bila ingin mengkonsumsi es dalam batas yang wajar saja, dikhawatirkan bisa memicu alergi batuk dan pilek. Apalgi bila menambahkan softdrink dan sirop bisa menyebabkan ibu mengkonsumsi gula yang berlebihan.

BAYI SAKIT, IBU YANG MINUM OBAT
Pernah mendengar hal tersebut ? pastinya ya..

SEBENARNYA : bayi yang masih mendapat ASI, saat sakit justru harus semakin banyak diberikan ASI bila perlu frekuensi nya ditambah. Tapi bila sang ibu yang sakit tentunya harus minum obat, itu pun harus ada rekomendasi dari dokter obat apa yang baik bagi ibu yang menyusui.

Akhirnya kembalikan ke diri kita masing-masing, yang namanya mitos yaaa..JUST A MITOS AZA dech…, boleh percaya boleh tidak

Daftar makanan/minuman dibawah ini memang sebaiknya dihindari untuk ibu menyusui :

1. SOFTDRINK
Kadar gula dalam minuman softdrink cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. MINUMAN ISOTONIK
Minuman ini rata-rata mengandung kalsium, natrium, kalium dan zat-zat yang dibutuhkan dalam tubuh bila sedang melakukan aktivitas berat. Tapi bila dikonsumsi tidak sedang dalam aktivitas fisik yang berat, kandungan zat-zat dalam minuman tersebut justru tidak memberikan efek positif.

3. ALKOHOL
Sudah jelas minuman ini tidak banyak memberikan efek positif pada tubuh.

4. MSG
Toleransi mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG hanya 0,3 – 1 gram/hari. Masalahnya tidak mudah kita menghitung makanan yang mengandung MSG yang kita makan setiap harinya. Mengkonsumsi MSG yang berlebihan dapat memicu gangguan alergi seperti asma, gatal, infeksi kulit, gangguan irama jantung, kelainan saraf tepi dan gangguan pencernaan.

5. MAKANAN BERPENGAWET/WARNA
Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B, methanyl yellow yang bisa mengakibatkan gangguan fungsi hati sampai kanker.
Pemanis buatan bila dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kenker kandung kemih.
Zat pengawet seperti formalin, boraks yang banyak digunakan untuk bahan pengawet tahu, mie, bakso, trus zat kloramfenikol untuk mengawetkan udang bisa menyebabkan kanker.

Setelah membaca ini bukan berarti jadi takut makan dan nggak makan tapi sebaiknya mengkonsumsi makanan janganlah berlebihan. MAKANLAH SEBELUM LAPAR DAN BERHENTILAH SEBELUM KENYANG !!!!


33 komentar:

Anonim mengatakan...

Koreksi dikit boss
MAKANLAH SETELAH MERASA LAPAR DAN BERHENTILAH SEBELUM KENYANG !!!!

Anonim mengatakan...

adakah yang bilang dilarang makan daging kambing? karena saya baru dengar ini, tapi inilah yang terjadi dalam kehidupan saya, katanya tidak boleh! ada logika yang bisa saya terima?terima kasih info nya

Anonim mengatakan...

Waduh...MSG ya?

Anonim mengatakan...

gag ada yang salah dgn ungkapan MAKANLAH SEBELUM LAPAR DAN BERHENTILAH SEBELUM KENYANG !!!! yg slah itu yg ngasih komentar hahahaha gag prnah dgr istlh itu jgn koment yah maap

Anonim mengatakan...

msg tu pa yaa?? muph saya kurang mengerti.... thx

Anonim mengatakan...

adakah pantangan minum kopi bagi ibu menyusui

Anonim mengatakan...

oke khmsia

Anonim mengatakan...

ada logika nmengenai makanan pedas buat ibu menyusui.......
1. Disaat ibu menyusui makan makanan pedas maka yang terjadi asam lambung meningkat, yang dikawatirkan asam lambung tersebut akan naik masuk kedalam air susu ibu, parahnya lg kalau diminum oleh bayi itu sangat tidak baik buat bayi...sekedar info aja loh...

sedangkan makanan panas dan dingin ini logoka ilmiah....
1. dalam tubuh manusia memiliki sistem yang namanya aklimatisasi yaitu kondisi disaat diluar tubuh dingin maka tubuh akan merespon untuk menghangatkan, nah sedangkan disaat minuman dingin masuk kedalam tubuh, tubuh bisa merespon menjadi hangat atau dingin bahayanya apabila itu tetap direspon dingin maka metabolisme dalam tubuh akan bekerja menjadi dingin sehingga bisa mempengaruhi ASI menjadi dingin pada saat menyusui...

jessie mengatakan...

menurut pengalaman saya, mitos seringkali ada benarnya. namun karena belum kita ketahui logikanya maka kita cenderung meremehkan dan mencibir. ada baiknya mitos juga kita perhatikan sembari kita cari-cari ada reason apa di balik itu semua. toh ga ada salahnya menuruti mitos kalo untuk kebaikan kita juga.

Anonim mengatakan...

Semua tergantung pada bayinya sendiri lemah or kuat

Bapak Indonesia on 13 Juni 2012 08.43 mengatakan...

Wah makasih banget, ni artikel yang dicari istri saja..sekali lagi makasih, izin sharee

jimmy mengatakan...

@jessie , Mitos kadang ada benarnya? trus gw mesti bilang wow getho?........Tapi kalau ada yg lebih benar kenapa ngga? Teori dan survey pasti mengalahkan mitos...

Anonim mengatakan...

kalau sejenis sprite, cocacola dan fanta itu termasuk soft drink apa isotonik ya,,,,,???thanks

re ta on 16 November 2012 08.12 mengatakan...

Isotonik itu mizone,pengganti ion tubuh,dan teman2 lainnya. Klo sprit,cola fnta,orange itu softdrink.yes ambo sok pinter hihihi.

Anonim mengatakan...

kalau Air tajin itu isotonik apa softdrink ya... mohn penjelasan.. karena istriku dioyan sekali air tajin...

Anonim mengatakan...

Aq punya baby cwe bru 1bln 7hri n aq hoby bgt ma yg dingin n pdas tp efekx k baby tuh pilekx g brenti2,,so ati2 lo bun...mitos itu pmbuktianx d jmn dulu tnpa ada pnjlssn ilmiah krn org dlukan ga ad yg skolah tp yg mereka bilang msuk akal kok...

diana permatasari mengatakan...

saya sekarang dalam masa menyusui saya dilarang makan panas katanya bisa mempengaruhi ASI dan membuat bayi muntah (gumoh). saya pernah mengabaikannya karna buat saya gak masuk akal tapi begitu bayi saya muntah saya baru percaya. jadi percaya gak percaya deh tergantung pada kita tapi gak ada salahnya kalo kita memperhatikan asal semua itu demi kebaikan anda dan buah hati kita.

Anonim mengatakan...

masak sih...

Anonim mengatakan...

pernah denger g? masamasa menyusui, jika kulit anak / bayi kita nampak kendor atw tidak kenceng itu pertanda bapaknya yang selalu dikasih wadah ASInya?????......katanya sihhh

Alena Azzahra on 9 Januari 2013 04.04 mengatakan...

Yg penting jgan berlebihan. Itu aj udah.

selfi mengatakan...

dr pengalaman sy yg sdh menyusui 3org ank mkn sambel sbg makanan pelengkap itu gak papa asal jgn berlebihan logikanya cabe dan tomat itu mengandung banyak vitamin c dimana berfungsi sbg antioksidan bg tbh qta,ibu yg menyusui ingat mkn 4 sehat lima sempurna dan sering mencuci payudara sebelum menyusi

Anonim mengatakan...

KALO MAEM DAWET KNAPA DAK BOLEH YWWW?????EMANGE NGANDUNG PAAN SICH???

Anonim mengatakan...

aq sedang menyusui dan doyan makan es batu dr dulu, tp.... br kmrn aja aq kena pilek. itupun cm bbrapa hari.
Wktu aq pilek bayi q jg pilek. ITU KARENA, MUNGKIN aq bersin2 pas d dpan dia-gak sngaja wktu lg mnyusui- Dan bbrpa hr aq smbuh, bayi q jg smbuh dr pilek. wlaupun pas lg pilek aq ttp mnjalani kbiasaan makan es batu smpe skrg. tp Alhamdulillah aq dan si kecil is fine :)

Anonim mengatakan...

jadikan bayimu kelinci percobaan jim. kalau pas pnya bayi makan yg pedas2 dan es ya













Anonim mengatakan...

betul ibu selfi tp lebih betul mending gak makan nasi. cabe.tomat atau lainya. makan aja vitamin. kan di apotik ada vit A B C D E plus susu.

Anonim mengatakan...

Thanks for some other excellent post. Where else may anyone get that
kind of info in such an ideal approach of writing? I've a presentation next week, and I am at the search for such info.

my blog - Dayton Movers

Anonim mengatakan...

mitos ato ndak,kejadian ato ndak tergantung pada kita,kalo percaya ya jadi sugesti,nah tu yang mempengaruhi cara pikir kita,begitu ada kejadian langsung dihubung2in dgn mitos tsb,pdhl blm tentu kalee...
aku dah punya 2 anak,nggak pernah percaya mitos2 itu,aku makan,minum aja..aman2 tuh..kalo makan panas,amis,bikin gumoh ah..nggak jg,kalo gumoh itu krn memang pencernaan pd bayi tu blm sempurna,kerapatan ususnya jg masih blm sempurna.percaya boleh asal nggak phobia..

Gendiez Ndiez on 27 Maret 2013 15.37 mengatakan...

Koplak labeh ki seng komen ... Hadeh

baguszahir on 21 Juni 2013 21.34 mengatakan...

wkwk

Kursi jepara on 19 Desember 2013 10.45 mengatakan...

ok,,, makasih gan atas infonya, bermanfaat banget

Anonim mengatakan...

Asam lambung bs naik msk ke asi? Kacau nih pendapat

mok mengatakan...

Salah komen bos, emang bner mkn sblm lapar

Anonim mengatakan...

Lho yg mkn pedas kan ibu nya, bkn bayi...asi itu bukan dibentuk lgs dr sari2 makanan. Gmn sih...mitos hanya pendapat yg tdk ada logikanya

Poskan Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie