Kamis, 09 Juni 2011

AGAR ANAK TIDAK TAKUT GELAP

Sebetulnya suatu hal yang normal bila si kecil punya rasa takut akan gelap. Pada usia balita, daya imajinasi anak sedang berkembang pesat. Kejadian yang dialaminya memberi kesan tersendiri buat anak. Dalam Pikiran seorang anak pasti menyatakan bahwa di kegelapan itu ada monster, hantu dan hal-hal yang menakutkan lain nya. Cenderung berpikiran negative terhadap sesuatu hal. Disinilah peran orantua untuk merubah dan meluruskan imajinasi anak tersebut.

Kita bisa membantu dengan penjelasan yang nyata, bahwa gelap itu tidak selamanya menakutkan malah bisa jadi tempat bermain yang asik, contoh ketika lampu mati, nyalakan senter ke dinding lalu kita membuat bayangan yang unik dari jari-jari tangan atau bantuan mainan kepunyaan nya sendiri. Lakukan sesuatu yang menarik yang lambat laun membuat pikiran nya berubah tentang kegelapan.

Penjelasan yang masuk akal bisa kita berikan misalnya pada saat anak hendak tidur disarankan lampu kamar tidak terang karena baik untuk kesehatan matanya. Ruangan yang tidak dipakai untuk beraktifitas ada baik nya lampu dimatikan saja, Selain juga pastinya bisa menghemat pengeluran rumah tangga.

Yang perlu diingat adalah orangtua sendiri jangan pernah menakut nakuti anak dengan kegelapan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie