Sabtu, 10 April 2010

KANDUNGAN SUSU YANG TEPAT UNTUK ANAK

Jangan pernah berhenti minum susu walaupun anak kita sudah besar sekalipun. Orang dewasa saja sebetul nya masih membutuhkan minum susu. Ada apa dengan susu sehingga begitu sangat dibutuhkan oleh semua kalangan usia ???
Susu merupakan nutrisi penting dan lengkap yang mengandung lima gizi utama yaitu Karbohidrat, Protein, Lemak, Vit dan Mineral. Begitu kaya akan nutrisi, bayi yang baru lahir pun makanan utamanya adalah Susu. Lebih bagus lagi bila diberikan ASI ekslusif. Dengan kata lain, susu memberikan peranan penting dalam pertumbuhan manusia.

Sayangnya di Indonesia kebiasaan minum susu belum begitu membudaya. Tingkat konsumsi minum susu di Negara kita masih rendah. Idealnya seorang anak membutuhkan susu 600mg kalsium/hari atau sama dengan dgn 2 gelas sehari. Menurut dr. Samuel oetoro,SPGk - spesialis gizi klinis- konsumsi susu yang tidak cukup pada anak dapat menyebabkan anak lambat dalam pertumbuhannya. Konsumsi susu juga harus disesuaikan dengan tumbuh kembang dan usia anak tersebut. Pasti kita pernah menjumpai sebuah keluarga dimana demi menghemat pengeluaran rumah tangga membeli susu yang dapat di minum oleh seluruh anggota keluarga. Padahal susu tersebut belum tentu cocok untuk anak-anaknya.

Penting untuk diketahui bahwa bertambahnya usia anak mempengaruhi juga terhadap kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Ada perbedaan hormonal antara sebelumnya anak-anak tumbuh menjadi remaja.

1. Anak yang berusia antara 5 – 8 thn membutuhkan nutrisi lengkap yang mengandung kolin, DHA, AA dan asam lemak, Omega 3 ( precursor DHA ) dan Omega 6 ( precursor AA ) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otaknya.

2. anak berusia 9 – 12 thn membutuhkan makanan yang kaya akan vitamin B Kompleks, kolin dan tinggi kalsium yang dibutuhkan dalam masa pubertas.

3. anak usia 13 – 18 thn, sudah masuk kategori remaja. Membutuhkan nutrisi yang bisa mengimbangi pertumbuhan akan tinggi badan, berat badan dan perkembangan karakteristik seks sekunder nya.

Tidak hanya usia, jenis kelamin pun mempengaruhi akan kebutuhan nutrisi. Untuk remaja putrid lebih banyak membutuhkan zat yang rendah akan lemak, tinggi zat besi dan antioksidan (Vit C dan E). Susu yang banyak mengandung komponen ini menunjang aktivitas remaja putri. Terlebih anak perempuan mulai peduli akan bentuk badan karena tak ingin kelihatan gemuk.

Untuk remaja putra lebih banyak membutuhkan asupan tinggi B Kompleks dan L-Carnitine untuk mendukung pertumbuhan fisiologis nya. Anak laki-laki banyak melakukan aktivitas sehingga lebih banyak membutuhkan energi.

Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah menjaga pola makan yang seimbang dan bergizi. Untuk para orangtua pintar-pintar lah dalam memberikan makanan yang kaya akan nutrisi dan tepat sehingga diperoleh pertumbuhan anak yang optimal. Apalagi melihat pertumbuhan dan tantangan di zaman sekarang, kelak menyesal karena kita tidak bisa memberikan yang terbaik untuk anak.

Persiapkan untuk si buah hati dari sekarang…..ya !!!!

3 komentar:

Ari Istiadi on 2 Mei 2010 11.04 mengatakan...

artikel yang bagus nih

makin lama
sekarang banyak jenis dan brand susu

Iim R on 3 Mei 2010 13.50 mengatakan...

@Ari Istiadi> Banyak tetapi penting melihat AKG dari setiap produk susu tsb dan disesuaikan dengan usia anak. Terimakasih.

alex on 15 Maret 2011 17.41 mengatakan...

apakah umur 18 tahun masih cukup minum susu hight kalsium....dan di barengi dengan makan 3 x sehari...
kalo saya dengar dari orng-orng,pertumbuhan anak itu tergantung dari orng tua nya...
kalo orng tua nya tinggi maka anak nya juga tinggi.dan kalo orng tua nya pendek anak nya jg pendek.apa itu benar mbak

Poskan Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie