Kamis, 28 Oktober 2010

Tips Agar Anak Gemar Membaca

Buku adalah gudangnya ilmu, dengan membaca buku banyak hal yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, mengerti, dan bisa membuka wawasan kita. Gemar membaca bisa membangkitkan imajinasi pikiran kita. Apalagi untuk si buah hati yang selalu ingin tahu tentang semua hal, membaca bisa dijadikan alat bantu yang efektif. Menumbuhkan kebiasaan gemar membaca pada anak memang tidak mudah, tapi kita bisa membiasakan dengan tips sederhana berikut ini :

• Buku yang tepat
Banyak buku yang ditawarkan oleh berbagai penerbit dengan berbagai macam ragam cerita, edisi, gambar sampai kemasan dibuat semenarik mungkin . kebanyakan anak-anak lebih tertarik dengan buku yang lebih banyak muatan gambar daripada tulisannya, dan warna yang cerah. Perlu diperhatikan adalah bahasa dari buku tersebut, carilah buku dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

• Kuantitas membaca
Buatlah jadwal membaca setiap harinya. Luangkan waktu minimal 20 menit untuk membaca dalam jadwal si buah hati. Rutinitas seperti ini akan membuat anak menjadi terbiasa. Di sela-sela membaca kita juga bisa mengajarkan hal lain misalnya, angka, bentuk, warna, karakter tokoh dll. Setiap harinya anak akan menemukan hal-hal baru.

• Suasana yang menyenangkan
Buatlah suasana membaca tidak menoton atau terus terpaku pada buku bacaan. Suasana bisa terasa lebih santai dengan sesekali kita menirukan suara, ekspresi tokoh dalam cerita. Ajaklah anak untuk melakukan hal yang sama, biarkan anak untuk menunjukkan ekspresi spontannya. Jika anak senang menyanyi cara ini juga bisa dijadikan selingan diantara membacanya.

• Punya pilihan sendiri
Walaupun masih kecil,anak pun punya keinginan sendiri terhadap apa yang dia suka atau tidak suka, termasuk buku bacaan. Berikan anak kebebasan untuk memilih buku yang dia suka, dengan begitu akan menumbuhkan rasa semangat ingin membaca .

Mengenalkan minat membaca pada anak bisa dimulai dengan tersedianya buku bacaan dirumah dan letak penyimpanan yang mudah dijangkau oleh anak. Untuk orangtuanya juga harus bisa meluangkan waktu untuk memperkenalka apa itu buku ? tunjukkan bagian-bagian dari buku mulai jilid, cara membuka buku yang baik,menyampulnya dan ara merawatnya agar tidak mudah rusak . Simpanlah di tempat yang baik agar suatu hari nanti kita bisa membacanya lagi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hey, I think your blog might be having browser compatibility
issues. When I look at your blog in Firefox, it looks fine but
when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.

I just wanted to give you a quick heads up!
Other then that, wonderful blog!

my page; medical negligence solicitors

Posting Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie