Kamis, 09 Juni 2011

JIKA ANAK SUKA MENGIGAU

Pasti pernah kita temui, pada saat si kecil tidur nyenyak dia berceloteh sendiri atau terbangun tiba tiba. Inilah yang disebut mengigau . Selama itu mengigau nya wajar dan tidak sering orangtua tidak perlu khawatir. Kejadian seperti ini alami terjadi juga pada anak-anak karena pada saat mengigau tersebut menunjukkan otak nya bekerja aktif dan tengah memilah, memproses semua informasi yang diterima oleh anak. Kejadian sehari-hari yang begitu berkesan sehingga membekas dalam pikiran nya. Ini adalah bagian dari proses belajar memori sang anak.

Bila kita perhatikan dalam tidurnya sang anak suka tersenyum, meringis atau berceloteh marah kadang sampai membuat nya terbangun, itu adalah bagian emosi yang dia rasakan yang terekam dalam otaknya. Saat proses inilah otak dipenuhi oleh gambaran berbagai peristiwa yang seolah-olah nyata…yang disebut mimpi.


Dengan bertambah nya usia, anak akan paham bahwa mimpi bukan lah hal yang nyata, bila sang anak mimpi buruk rasa ketakutannya akan lambat laun sirna dengan sendirinya.

Kita sebagai orangtua tak perlu merasa cemas bila anak sering mengigau, yang harus kita lakukan justru adalah beri rasa kenyamanan dan membantu menenangkannya . banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu anak mengurangi ketakutannya, diantaranya:

  • Berusaha menenangkannya dan mengatakan bahwa ayah ibu nya ada di samping nya dan tak perlu merasa takut.
  • Menjelaskan bahwa yang dialaminya hanyalah mimpi dan tidak benar2 terjadi.
  • Usahakan lampu dikamar tidurnya dibuat senyaman mungkin, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
  • Orangtua berusaha memberikan perlindungan pada anak dengan memberikan pelukan atau usapan tanda kasih sayang. Pura-puta melakukan kegiatan seolah-olah sedang mengusir binatang nakal atau monster yang membuat anak merasa terganggu.
  • Membantu nya kembali tidur dengan bersenandung kecil, bercerita yang indah. Apapun itu hal kecil yang membuat anak tidur kembali dan merasa nyaman.
Dan sebagai orangtua juga tetap harus berpikiran positif bahwa mengigau dan mimpi buruk hanyalah bagian dari tidur nyenyaknya dan memang salah satu proses tumbuh kembang anak.
So don’t worried, parents !!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie