Selasa, 16 Agustus 2011

KENALI SINUSITIS PADA ANAK


Sinus adalah rongga yang berisi udara di kepala sekitar hidung dan dilapisi selaput lendir pernafasan yang berhubungan dengan selaput lendir rongga hidung. Ada 4 pasang rongga sinus, yaitu sepasang didaerah pipi, dipangkal hidung, didahi dan sepasang di belakang atas rongga hidung. Apabila sinus teriritasi atau infeksi, maka selaput lender sinus akan membengkak. Infeksi pada rongga sinus inilah yang disebut sebagai sinusitis.
Sinusitis pada anak diakibatkan karena besarnya tingkat polusi udara, terutama di kota besar. Faktor2 lain penyebab sinusitis antara lain :

1. Penggunaan AC
AC sudah menjadi barang primer yang digunakan di kota2 besar. Rumah, kantor, sekolah dan mobil semua sudah difasilitasi dengan AC. Ini menyebabkan adanya perubahan udara yang dramatis. Anak cenderung melakukan aktivitas di alam terbuka dengan suhu panas, dan ketika kembali masuk ruangan berAC terjadi perubahan drastic suhu udara. Anak dengan kondisi normal kemampuan hidung untuk beradaptasi dapat lebih baik, tapi pada anak yang mempunyai bakat alergi perubahan suhu drastic bisa menimbulkan masalah.

2. Alergi
Anak yang mempunyai bakat genetik alergi sangan rentan untuk mengidap alergi, misal : asma, termasuk sinusitis. Bila anak bisa dijauhkan dari hal-hal pencetus – debu, asap, polusi,udara dingin – kemungkinan terkena alergi bisa dicegah.

3. Berenang saat kondisi pilek
Perubahan tekanan dalam air dapat menjadi salah satu pemicu sinusitis.

4. Gangguan fisik
Anak yang terlalu cape dan kurang tidur, maka daya tahan tubuhnya akan menurun. Ditambah bersinggungan dengan faktor pemicu – polusi, AC, dll – maka akan mempermudah terkena sinusitis.

5. Kelainan anatomi hidung
Kelainan dalam organ hidung juga menjadi masalah karena mengganggu saluran hidung dan sinus. Jika ada sinusitis akan sulit sembuh karena proses pengeluaran lendir akan jadi sulit .

KENALI GEJALA SINUSITIS


Pengobatan dilakukan sesuai dengan derajat infeksinya. Bila masih ringan, sinusitis dapat sembuh hanya dengan pemberian obat, tapi bila sudah parah maka harus dilakukan tindakan operasi sedang ( non-radikal), Istilah sederhananya dicuci untuk mengeluarkan lendir sekaligus membersihkan hidung.
Tindakan awal pengobatan biasanya dengan rontgen. Apabila hasilnya menunjukkan area sinus berwarna hitam, berarti kondisinya normal. Sebaliknya jika memperlihatkan warna putih pertanda ada infeksi.
Seperti apa gejala sinusitis tersebut :

1. Bila pilek tak kunjung sembuh
Kondisi ini sudah terjadi lebih dari 10 hari dan lendir yang keluar berwarna kehijauan dan berbau amis.

2. Kulit disekitar lubang hidung lecet
Ini disebabkan karena infeksi

3. Batuk
Anak pengidap sinusitis akan mengalami batuk yang hebat di malam hari atau menjelang pagi. Sementara di siang hari batuknya tidak sering

4. Suara sengau ( bindeng )


5. Nafsu makan berkurang
Selera makan otomatis akan terganggu. Ini bisa mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi dalam menjaga daya tahan tubuh anak.
Kuncinya adalah bila anak sudah terdeteksi kena sinusitis segera mungkin lakukan pengobatan sampai tuntas, sehingga kemungkinan besar bisa sembuh total.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sinusitis itu penyakit keturunan gaa?? Lalu dokter anak saya pernah berkata.. Anak di bawah 10 th tidak mungkin bisa kena sinus..So,yg mana yg benar??

akrilik ac on 28 Februari 2013 09.07 mengatakan...

Apakah sinus ringan bisa disembuhkan dng therapy spt swd (short wave diathermy) atau di nebule?

Posting Komentar

 

Buku Tamu

anaQita Copyright © 2009 Community is Designed by Bie